Video Streaming dengan XAMPP

Pada praktikum yang saya lakukan kali ini ialah konfigurasi agar bisa video streaming lewat XAMPP. Sebelum itu anda tahu dulu apa itu XAMPP. XAMPP adalah software web server apache yang di dalamnya tertanam server MySQL yang didukung dengan bahasa pemrograman PHP untuk membuat website yang dinamis. XAMPP sendiri mendukung dua system operasi yaitu windows dan Linux. Untuk linux dalam proses penginstalanny menggunakan command line sedangkan untuk windows dalam proses penginstalannya menggunakan interface grafis sehingga lebih mudah dalam penggunaaan XAMPP di Windows di banding dengan Linux.
Langsung saja saya akan tutorial kan video streaming dengan menggunakan xampp ini.
1. Pastikan komputer yang anda gunakan sudah terinstall aplikasi XAMPP
2. Kemudian buka aplikasi tersebut. Lalu aktifkan apache nya seperti yang saya lakukan pada gambar dibawah ini:

Kenapa kita harus aktifkan apache, apa itu apache? Apache merupakan web server yang digunakan untuk menampilkan website di internet seperti menggunakan Mozilla fire fox, Google Crome, IE, Safari, dll berdasarkan kode-kode yang di tulis di dalam website tersebut baik menggunakan bahasa pemrograman HTML maupun PHP yang mengambil suatu database yang dibangun di MySQL, sehingga terbentuklah sebuah website yang dapat di lihat di Mozilla fire fox dan kawan-kawannya. Apache sendiri bersifat opensource sehingga dapat digunakan oleh siapa saja dan dikembangkan oleh siapa saj tentunya bagi yang mampu mengembagkannya.

3. Buka web browser anda kemudian ketikkan 'localhost' hingga tampilan nya seperti dibawah ini:
Jika tampilan anda seperti diatas maka apache yang anda aktifkan pada xampp telah berhasil.

4. Kemudian pada buka sotware xamp, lalu ambil bagian htdocs, disitu buat folder baru beri nama video. Kemudian copy kan video yang akan anda lakukan streaming dan copykan pula format untuk tampilan HTML untuk streaming video pada web browser anda nantinya.
Untuk format video streaming tersebut anda dapat membukanya dengan notepad. Lalu edit lah seperti yang saya lakukan dibawah ini:

Pada bagian kepala HTML nya anda dapat menggantikan dengan nama anda sendiri atau yang lainnya, kemudian dibagian target anda harus mencantumkan nama video yang akan anda lakukan streaming nnti. Jangan salah untu mengedit nama file video nya, jika salah video nya tidak akan mau terbuka.

5. Buka lagi webbrowser anda, lalu ketikkan 'localhost/video/'. Maka tampilannya akan seperti dibawah ini:
Kemudian anda buka tes.html tersebut, lalu akan muncul video yang anda simpan tadi. 

6.  Jika anda ingin menonton video yang ditonton oleh teman anda, anda dapat meminta IP dan format path video nya. Seperti yang saya lakukan digambar bawah ini:

Nah yang diatas tadi ialah konfigurasi untuk menampilakn 1 buah video saja. Jika anda ingin menampilkan beberapa video untu dilakukan streaming bersama. Anda dapat melakukan konfigurasi seperti berikut ini:
1. Anda harus memiliki beberapa video yang ingin anda tampilkan dengan 2 format path dan dengan 1 format untuk menggabungkan kedua buah path tersebut. 
tes dan tes2 adalah format html file untu video nobita dan tulus. Untuk menggabungkan nya digunakan format list dengan di edit seperti dibawah ini:
 Jangan lupa untuk mencantumkan IP anda dan file name vido yang ingin anda tampilkan. Dan SAVE!

2. Buka web browser dan ketikkan 'localhost.(nama path yang anda buat).html' karna yang kita buat ini berbasis html.
SELESAI...

Begitulah konfigurasi untuk streaming lewat XAMPP, jangan lupa untuk melakukan streaming dengan xampp ini bersama teman harus pada satu jaringan yang sama. Demikian blog ini saya buat semoga bermanfaat bagi pembaca. Kritik dan saran yang membangun saya harapkan dari pembaca untuk memperbaiki blog saya selanjutnya. Terimakasih.....

Comments