Membuat Blog Menggunakan XAMPP

Pada praktikum kali saya akan melakukan konfigurasi untuk membuat blog dengan aplikasi XAMPP. Disini saya membuat blog tersebut dalam 1 jaringan. Jadi blog cuma bisa dibuka pada 1 jaringan yang sama dengan local servernya. Biasanya aktivitas blogging dilakukan online. Namun, kali ini saya akan membahas bagaimana aktivitas blogging yang dilakukan secara offline. Banyak keuntungan melakukan aktivitas blogging secara offline ini. Salah satunya adalah kamu tidak memerlukan koneksi internet. Selain itu, kamu juga tidak perlu membeli domain dan hosting sebagaimana aktivitas blogging online lazimnya. Beberapa kasus, seseorang sangat membutuhkan ngeblog offline ini. Salah satunya apabila ingin membuat WordPress theme. Maka tidak mungkin dia harus repot-repot online, karena localhost jauh lebih nyaman daripada online.
Adapun konfigurasinya adalah sebagai berikut ini:
1. Pastikan komputer yang anda gunakan memiliki aplikasi XAMPP dan installasi Wordpress.
2. Lakukan konfigurasi pada Xampp dengan cara:

disini kita mengaktifkan apache dan Mysql. Apa itu Mysql? pada blog sebelumnya juga sudah dijelaskan apa itu mysql.  MySQL saat ini paling populer dan banyak digunakan sumber dunia teknologi database terbuka dan sistem penyimpanan data. MySQL menawarkan kehandalan besar dan kemudahan penggunaan. Ini adalah gratis, dan dilengkapi dengan dokumentasi gratis serta ribuan programmer yang berbagi kode mereka yang berhubungan dengan berkomunikasi dengan databse MySQL.
Anda dapat memikirkan database MySQL sebagai wadah yang menyimpan string (text based) data. Gambar, media file, file audio, dan hal-hal alam yang benar-benar tidak harus disimpan dalam database. Caranya adalah dengan meletakkan file-file pada server dalam folder dan hanya referensi nama dan path di databse tersebut.

Kemudian untuk melanjutkan konfigurasi anda dapat klik pada bagian admin. Lalu akan muncul tampilan seperti dibawah ini:


 Jika pada komputer anda sebelumnya sudah berisikan blog lama. Anda dapat klik new untuk membuat blog baru. Kemudian ketikkan nama blog sesuai dengan keinginan anda pada kotak database, and creat. 

3. Maka muncul nama baru dari blog yang anda buat tadi sepeti dibawah ini:
Lalu ambil bagian privillage seperti dibawah ini:

 Isi bagian-bagian yang sudah saya tandai, kemudian pada bagian bawah akan muncul tampilan seperti ini:

Centang semua bagian seperti yang saya lakukan. Lalu lanjutkan


4. Akan muncul gambar ini, pilih bahasa yang sesuatu dengan anda inginkan.

5. Kemudian:

 6.Isikan data-data anda seperti yang saya lakukan pada tampilan dibawah ini:
Lalu submit


 7. tampilan berikutnya akan seperti dibawah ini.
8. Site tittle disini ialah sebagai nama kepala atau sebagai judul besar pada blog anda nantinya. Username adalah sebagai nama pada saat kita melakukan login dan password yang di atur adalah password yang digunakan untuk login nantinya.

9. Jika semua tahap sudah anda selesaikan, maka akan muncul kalimat success seperti dibawah ini. Dan anda bisa langsung login saja ke blog baru yang sudah anda buat.

10. Tampilan login ini seperti bagaimana biasanya. Anda masukkan username dan password yang sudah anda buat tadi.


11. Dan sekarang anda dapat ngepost apapun yang anda mau pada blog anda ini.

Untuk melihat hasil postingan anda. Anda dapat membuka blog anda dengan cara mengetikkan IP locahost/nama path wordpress anda. Hal ini dapat dilakukan jika komouter teman anda memiliki 1 jaringan yang sama dengan anda. 
Demikian blog yang saya buat ini, semoga bermanfaat bagi pembaca. Mohon maaf jika ada kekurangan pada blog saya. Kritik dan saran saya harapkan dari pembaca untuk membangun blog saya kedepannya. Terimakasih.....

Comments