Konfigurasi Web Proxy pada Mikrotik

Pada praktikum kali ini, saya akn konfigurasi Web Proxy pada mikrotik, tetapi tahu kah anda apa itu Web Proxy? Pengertian proxy adalah suatu server yang menyediakan layanan untuk meneruskan setiap permintaan kita kepada server lain di internet. Dengan proxy, maka identitas komputer anda berupa IP menjadi tersembunyi dikarenakan yang dikenali server yang direquest adalah IP dari server proxy anda. Proxy ini pada umumnya digunakan untuk kegiatan menyembunyikan identitas atau untuk menghindari pemblokiran akses ke suatu server.

Baiklah langsung saja saya akan melakukan konfigurasinya:
1. Pastikan komputer yang anda pakai sudah terinstall oleh Winbox. Pilih bagian interface, dan aktifkan ether1 dan ether 3 hingga muncul IP seperti gambar dibawah ini:

 untuk konfigurasi ether 1 dan 3 ini anda dapat melihat blog mikrotik saya sebelumnya.

2. Lanjutkan dengan pengaktifan DHCP client, dengan cara buka IP>DHCP client
klik tanda +, kemudian buat ether 1 sebagian dhcp client.

untuk IP nya akan otomatis muncul

3. langsung saja kita lakukan konfigurasi web proxy nya. Dengan cara buka IP>Web proxy. Lakukan konfigurasi seperti dibawah ini:

Port 3030 adalah untuk data HTTP. Anda  dapat menggantikan nya dengan port lain yang sesuai keinginan anda Max sercer dan Client juga dapat anda atur sendiri. Jangan lupa untuk meng-enable kan web proxy ini.

4. Lakukan konfigurasi firewall untuk Transparent Proxy, dengan cara klik IP > Firewall
3030 adalah port untuk HTTP yang akan aktifkan nanti untuk keluarana nya, port ini harus lah sesuai dengan port yang sudah diatur pada pengaturan web-proxy. Perhatikan action pada saat konfigurasi.

5. Kemudian kita bisa langsung melakukan pengaturan untuk blocking web-proxy. Dengan cara buka IP>Web Proxy>access, kemudian klik tanda '+'
pada Dst.Host masukkan nama web yang ingin anda blocking Untuk memasukkan nama nya anda dapat lihat dari gambar diatas. Dan jangan lupa untuk meng-deny kan pada action nya. Lalu OK
Anda dapat memasukkan situs lain seuai keinginan anda. Dan setelah anda buat, tampilannya akan seperti berikut ini:

6. Setelah semuanya selesai dikonfigurasi, kita langsung mengaktifkan internet secara statk dengan membuka, Conrol Panel > Change Adapter Setting > Klik kanan pada Local Area Network yang terhubung lalu Propertise. Lalu masukkan IP seperti yang saya lakukan dibawah ini:
Untuk settingan DNS Server, isilah DNS Server sesuai IP Network yang digunakan. Pada percobaan ini, saya menyesuaikan dengan DNS Server Politeknik Caltex Riau.
Preferred DNS server   : 172.16.30.1 (IP Jaringan Local 234 PCR)
Altenative DNS server : 113.212.113.212 (IP Public PCR)
7. Setelah jaringan internet anda aktif, buka web browser kemudian klik kan situs yang sudah anda blocking sebelumnya. Maka web tersebut tidak dapat anda buka seperti gambar dibawah ini:

 saya membuka situs detik yang web proxy nya sudah saya aktifkan untuk diblocking.
Demikian blog ini saya buat semoga bermanfaat bagi anda,. Kritik dan saran yang membangun saya harapkan dari pembaca untuk memperbaiki blog saya kedepannya. Terimakasih....

Comments