Video Streaming dengan VLC

Pada praktikum yang saya buat kali ini yaitu mempelajari tentang VLC. VLC adalah perangkat lunak (software) pemutar beragam berkas (file) multimedia, baik video maupun audio dalam berbagai format, seperti MPEG, DivX, Ogg, dan lain-lain. VLC media player juga dpat digunakan untuk memutar DVD, VCD, maupun CD. VLC media player bersifat sumber trebuka (open source) dan tresedia untuk berbagai sistem operasi. Mulai dari Microsoft Windows, beragam distro Linux Mac OS, dan beberapa sistem operasi lainnya. VLC juga digunakan dalam bentuk unicast, multicast, maupun broadcast. Pada percobaan yang saya lakukan ini menggunakan unicast dan multicast saja.

Adapun konfigurasinya adalah sebagai berikut ini:
1. Pastikan komputer anda memliki aplikasi VLC, jika belum download terlebih dahulu. Kemudian pastikan anda memiliki 2 komputer yang tersedia. Yang 1 sebagai server dan yang 1 nya lagi sebagai client.
2. Untuk komputer server:
    a. Buka aplikasi VLC kemudian ambil bagian media, kemudia pilih stream. Lalu akan muncul tampilan berikut ni:

    b. Pada bagian ini tambahkan video mana yang ingin anda lakukan pada saat streaming. Kemudian pilih stream.
    c. Kemudian akan muncul seperti dibawah ini:
pada bagian ini anda dapat melewatinya dengan pilih tombol next.

    d. Setelah itu muncul perintah seperti berikut ini:
disini kita melakukan streaming dalam bentuk unicast dan HTTP. Jadi pilih destinasi barunya HTTP lalu centang pada bagian 'tampilan secara lokal'. Kemudian lanjutkan dengan next.

    e. Setelah itu muncul tampilan seperti dibawah ini:

Pada bagian ini isikan tampilan pathnya sesuai dengan nama yang anda inginkan. Saya mengisinya dengan nama 'test'

    f. Pada bagian ini pilih video-MPEG2 + MPGA (TS). Hal ini dikarenakan kita ingin men-streaming video dalam bentuk MP4.Lalu next

    g. Sebelum stream pada bagian ini pastikan komputer client anda sudah dikonfigurasi terlebih dahulu.

3. Untuk komputer client, adapun konfigurasinya adalah 
    a. Buka aplikasi VLC lalu klik Media kemudian Open Network Stream dan Network. Hingga dapat tampilan seperti dibawah ini:

Lalu masukkan network URL sesuai jenis Format server video streaming yang anda gunakan. Dapat dilihat dari gambar diatas, format yang saya masukkan adalah format untuk HTTP yang saya cobakan tadi pada server. Jangan lupa untuk mengetikkan kalimat 'test' yang sesuai dengan path yang anda buat sebelumnya pada bagian server.

    b. Bukan hanya berbasis HTTP, VLC juga banyak variasi formatnya.


Ada juga percobaan yang saya lakukan dengan format RTP dan RSTP dibawah ini:
Gambar pertama ini menggunakan format .sdp pada bagian path nya

yang dibawah ini menggunakan format RSTP,


Dan akan muncul video yang play kan pada server akan play juga pada client dengan video yang sama tetpai dengan jeda waktu yang berbeda. 


Demikian blog mengenai VLC ini saya buat, semoga bermanfaat bagi pembaca. Kritik dan saran yang membangun diharapkan dari pembaca untuk membangun blog saya kedepannya. Terimakasih....


Comments