IP 3CX

Pada praktikum yang saya lakukan ini adalh penginstallan dan contoh pengaplikasian dari 3CX. Teatapi sebelum itu kita harus tahu dulu apa itu 3CX. 3CX adalah software IP PBX yang dapat menggantikan perangkat fisik PBX/PABX. IP PBX dari 3CX ini telah didevelop khusus untuik sistem operasi Windows dan berprotokol standar SIP, sehingga akan lebih mudah dimanage dan tentunya akan cocok dengan segala jenis SIP Phone, softphone maunpun IP. 3CX Phone System, selain berbasis Windows, 3CX juga memberikan paket teknologi komunikasi yang lengkap dengan menyertakan mail, fax, email dan status kehadiran/online user dan juga Video Call.
Sebelum melakukan konfigurasi dan pengaplikasiannya, baiknya anda cek dulu apakah di komputer anda sudah terinstall aplikasi 3CX. Jika belum lakukan penginstallan terlebih dahulu. Lakukan penginstallan untuk yang Windows nya dan jika ingin melakukan panggilkan dengan Smartphone kita juga harus download terlebih dahulu pada smartphone tersebut, jika pada android anda bisa lakukan download pada playstore jika pada iphone anda bisa download di appstore.

note: Disini saya melakukan konfigurasi untuk menyambung atau menelpon antar komputer dua komputer saja dikarenkan pada saat konfigurasi pada smartpone trejadi kesalahan yang menyebabkan tidak bisa mengakses dan mengkonfigurasi 3CX tersebut. 

Untuk menghubungkan ketiga perangkat tersebut kita harus menghubungkannya dalam 1 jaringan yaitu dengan Wifi. Kemudian untuk konfigurasinya akan saya jelaskan secara singkat seperti berikut ini: 
1. Buka aplikasi 3CX terlebih dahulu, kemudian akan muncul tampilan berikut ini:
Disini kita mengatur IP local. IP ini didapat dari IP Wifi yang kita hubungkan sebelumnya tadi. Biasanya IP tersebut secara otomatis akan muncul apabila kita sudah menghubungkan nya pada sebuah jaringan. Kemudian anda dapat menekan tombol next. 

2. Kemudian akan muncul tampilan berikut ini, pada bagian inni anda dapat mengosongkan saja ip public nya dan dapat menekan tombol next.

3. Pada bagian ini ada dapat memilih, pilihan Creat New PBX, lalu next 

4. Disini anda dapat memilih number of digit dari extension sesuai kebutuhan anda. Disini saya memilih 3 digit yang nantinya pada saat pembuatan nomor extension saya hanya dapat mambuat nomor extension dalam 3 digit yaitu dari angka 100-999. 

5. Pada bagian ini anda dapat melewatinya dan tekan tombol next

6. Dibagian ini anda dapat mengisikan username dan passwordnya sesuai keinginan anda masing-masing. Disini saya buat dengan username dan password 'admin' agar lebih mudah untuk diingat. Lalu next

7. Pada bagiuan ini adalah bagian settingan yang dapat dilihat pada bagian phone setting. Disini kita buat dan tentukan extension number. Disini saya membuat 100 untuk nomor extensionnya dan kemudian tekan tombol add. 

Untuk nilai authentication ID dan Password dibuat dengan digit yang sama. 

8. Kemudian pada bagian ini anda dapat memilih pada negara mana anda tinggal. Kemudian next

9. Pada bagian ini anda dapat meng-skip kan saja. 

10. Kemudian lanjutkan pada bagian ini. Ini adalah bagian pada aplikasi 3CX phone systemn management console. Disini masukkan username dan password yang telah disetting. 
note: Ini adalah bagian salah satu komputer yang ingin anda lakukan panggilan nnti. jadi anda buka aplikasi ini dibagian komputer yang ingin anda lakukan panggilan tersebut.
11. Kemudian masuk pada pagian account setting. Masukkan account name dan called ID sesuai dengan keinginan anda. Kemudian masukkan extension, ID, dan Password nya sesuai dengan nomor berapa akan anda buat. saya disini membuat 101.

12. Jika ingin menambah account dapat menekan tombol new seperti gambar dibawah ini.

13. Jika semuanya sudah selesai maka anda dapat melakukan panggilan dengan menggunakan aplikasi 3CX phone. Perlu diperhatiakn juga apakah anda sudah connected apa belum. Jika belum lakukan konfigurasi terlebih dahulu. 
Kemudian disini saya melakukan panggilan antar komputer ke nomor extension 102..


dan tampilan yang akan muncul pada komputer sebelahnya adalah sebagai berikut:
Demikian blog tentang 3CX ini saya buat, semoga bermanfaat bagi pembaca. Kritiik dan saran dibutuhkan untuk perbaikan blog kedepannya. Terimakasih..

Comments