Pengenalan Ubuntu

    Ubuntu adalah salah satu distribusi Linux yang berbasiskan Debian dan didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas. Nama Ubuntu berasal dari filosofi dari Afrika Selatan yang berarti "kemanusiaan kepada sesama. Ubuntu dirancang untuk kepentingan penggunaan pribadi, namun versi server Ubuntu juga tersedia, dan telah dipakai secara luas.
     Proyek Ubuntu resmi disponsori oleh Canonical Ltd. yang merupakan sebuah perusahaan yang dimiliki oleh pengusaha Afrika Selatan Mark Shuttleworth. Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam filosofi Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak. Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas, dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional.
Berikut adalah tampilan awal dari Ubuntu melalui terminal:


So, disini saya akan menjelaskan sedikit pengenalan dasar Ubuntu:

1. Untuk masuk ke Server awal kita lakukan perintah sudo su seperti dibawah ini:

2. Kemudian muncul perintah meminta Password, jika sebelumnya komputer anda sudah digunakan dan sudah ditentukan maka masukkan Password yang lama. Jika belum pernah menggunakan atau membuka Ubuntu masukkan Password root

3. Jika sudah muncul tanda pagar '#' maka anda telah masuk ke server. Kalau diUbuntu saya maka akan langsung ke folder home dan jartel2.
4. kemudian ada juga perintah 'ls' yang berfungsi memviewkan folder apa saja yang ada didalam menu home atau jartel2 tersebut.

5. Untuk masuk ke salah satu folder tresebut anda bisa langsung mengetikkan 'cd' kemudian dilanjutkan dengan folder mana yang akan anda tuju. Contoh nya saya ingin menuju kefolder music pada perintah yang saya ketik adalah 'cd Music'

6. Jika ingin keluar dari folder yang tadi anda bisa mengetikkan perintah 'cd ..'

7. Kemudian jika kita ingin membuat folder baru didalam folder music tadi atau folder yang banda inginkan. Anda dapat mengetikkan 'mkdir' kemudian diikuti dengan nama folder baru yang ingin anda buat. Contohnya:

8. Untuk memastikan lagi folder yang anda buat dapat langsung dibuka langsung seperti berikut ini:

9. Jika anda ingin membuat file didalam folder yang baru anda buat tersebut beserta isinya, anda dapat mengikuti perintah seperti berikut:

10. Dapat juga membuka file langsung dari terminal dengan menggunakan perintah gdit sebagai berikut:

11. Ada juga perintah lain selain gedit yaitu perintah nano. Berbeda dengan gedit perintah nano ini jika kita ingin mengisi file langsung dari terminalnya. Dan kita juga langsung menyimpan dari terminal tersebut dengan menggunakan ctrl+o.



12. Jika anda ingin mengubah nama folder anda dapat menggunakan perintah mv sebagai berikut:

Ada juga cara cepat untuk membuka file dengan contoh perintah sebagai berikut:


Ada juga cara cepat untuk membuka folder yang kita inginkan. Contohnya saya ingin membuka file interfaces, file ini berisikan IP address kita.

Demikian blog tentang Pengenalan Ubuntu ini saya buat bermanfaat untuk teman-teman pembaca sekalian. Mohon kritik dan saran dari teman-teman untuk memperbaiki blog saya kedepannya. Terimakasih..

Comments