Pengambilan Data Tentang Kestabilan Unjuk Kerja Kecepatan Akses Internet

Pada blog kali ini bertujuan untuk mengetahui seberapa cepat koneksi internet sebuah website dengan cara menggunakan tes ping. Blog kali ini menuruskan blog sebelumnya mengenai RTT. Tetapi disini menggunakan perintah PDF (Probabilitas Distribution Function) dan CDF (Cummulative Distribution Function). Disini saya akan melihat koneksi internet dari website google.com melalui jaringan tempat makan ayam siap saji yang pasti sudah sangat kita kenal. Saya akan melihat kestabilan koneksi ditempat ini. Disini saya menggunakan 1000 iterasi tanpa adanya Request Time Out. Oleh karna itu untuk mengantisipasi RTO saya menggunakan 1100 iterasi. Kemudian disini saya menggunakan BIN yang telah ditentukan yaitu sebesar 25ms, BIN ini adalah rentang nilai RTT pada grafik PDF dan CDF. Nilai BIN ini sangat berpengaruh terhadap grafik atau kurva yang akan kita buat nanti. Dan nilai BIN ini juga semakin kecil maka semakin baik. Berikut adalah hasil dari percobaannya:


Pertama saya harus terhubung dulu dengan google dengan menggunakan perintah tracert seperti diatas. Setelah selesai lalu saya melakukan ping terhadap google dengan format:


Artinya adalah saya melakukan pemanggilan terhadap google dengan menggunakan 1100 iterasi. Paket data yang saya gunakan hanya 4 buah saja yaitu 64,128,512,1024 byte. Dikarenakannya pengambilan dalam 1100 iterasi, hal ini membutuhkan waktu yang sangat lama. Contohnya adalah pada saat penggunaan paket data 64 byte hasilnya adalah sebagai berikut:


Yang saya dapatkan adalah lost data atau RTO sebesar 12. Jadi data yang diterima tinggan 1088 lagi. Rata-rata RTT nya sangat lama yaitu 421ms. Hal ini menyebabkan banyak nya RTO yang dihasilhan. RTO juga disebabkan oleh banyaknya paket data yang ingin kita akses. Contohnya pada saat pengiriman paket data sebesar 1024 byte didapat hasil:


Rata-rata RTT yang didapatkan dari 1024 byte paket data semakin besar tambahan waktunya dibanding yang hanya 64 byte paket data sebelumnya. Lost atau RTO yang didapat juga semakin besar. Tetapi besarnya nilai paket data ini bukan berarti berbanding lurus terhadap RTO yang kita peroleh, hal ini tergantung dari koneksi atau akses internet yang kita dapatkan. Baik atau buruknya akses internet itulah yang mempengaruhi besarnya nilai RTO.
Dari data seperti diatas tadi, maka kita akan dapatkan nilai range, data, pdf, dan cdf. Dengan menggunakan excel kita dapat langsung membuka file txt dan akan mensortirnya hingga mendapatkan nilai time secara berurutan seperti gambar berikut ini:
Data diatas merupakan data dari 64 byte, dapat dilihat time untuk setiap reply nya memiliki nilai yang tinggi. Dapat dikatakan bahwa keadaan akses jaringan ditempat tersebut sangatlah tidak bagus. Koneksi yang stabil yaitu pada range 302-431. Nilai PDF didapat dengan membagi tiap-tiap kemunculan data dengan banyak sample (1000), sedangkan CDF adalah hasil penjumlahan PDF awal dengan data selanjutnya, hingga hasil akhirnya 1. Semakin menjurus ke angka 1 ini dikatakan semakin data itu jarang muncul. Dari data tersebut kita dapat langsung membandingkan antara grafik PDF dengan CDF.


Dapat dilihat secara jelas di grafik pada rentang mana koneksi internet yang stabil ditiap-tiap datanya.
Demikian blog ini dibuat, kritik dan saran dimohon dari pembaca untuk membangun blog kedepan yang lebih baik, terimakasih..


Comments