Analisa Round Trip Time

     Dalam telekomunikasi, round-trip time delay (RTD) atau waktu pulang-pergi (RTT) adalah panjang waktu yang dibutuhkan untuk sinyal untuk dikirim ditambah panjang waktu yang diperlukan untuk pengakuan sinyal yang akan diterima. Oleh karena itu waktu tunda ini terdiri dari waktu propagasi antara dua titik sinyal. Dalam konteks jaringan komputer, sinyal umumnya merupakan paket data, dan RTT juga dikenal sebagai waktu ping. Pengguna internet dapat menentukan RTT dengan menggunakan perintah ping.
     Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa suatu jaringan internet (client) dalam melakukan perintah PING ke website www.detik.com. Dan setelah membaca blog ini anda dapat melakukan analisis sederhana tentang unjuk kerja jaringan akses internet yang digunakan. 
     Baiklah saya akan menjelaskan sedikit bagaimana menganalisa jaringan internet melalui RTT. Pertama kita lakukan hubungan antar website yang ingin kita tuju, dengan perintah tracert seperti berikut ini:



Jika anda ingin terhubung ke jaringan lain ke google atau sebagainya, anda bisa langsung mengetikkan perintah tracert kemudian diikuti oleh ke website mana yang akan anda tuju. Kemudian jika anda telah berhasil terhubung ke website yang anda inginkan, tampilan nya akan terlihat seperti diatas, dengan tulisan Trace complete.

Kemudian kita lakukan perintah ping ke situs target dengan jumlah 15 iterasi untuk masing-masing ukuran paket 8, 16, 32, 64, 128, 256, 512, 1024, 1500, 2000, 2500, 3000 byte. Contohnyan jika kita ingin melakukan perintah ping ke situs www.detik.com dengan ukuran paket 8 byte dan dengan 15 iterasi kita dapat mengetikkan perintah:
ping www.detik.com -n 15 -l 8 -i 255 > 8.txt
Untuk lebih jelasnya akan saya jelaskan dengan gambar berikut ini.



     Setiap ukuran paket memiliki perintah yang berbeda-beda dengan file penyimpanan yang juga berbeda-beda. Penimpanan data RTT kita simpat dengan mode txt. Setiap iterasi memiliki waktu tunggu yang berbeda-beda. Kemudian hasilnya dapat kita lihat dari tempat dimana kita simpan data tersebut. Contohnya data saya ini disimpan di C >users>acer.

Berikut adalah hasil dari ping yang saya lakukan tadi:


Nah inilah hasil ping dengan data 8 byte dan 15 iterasi. Dari gambar ini dapat kita analisa bahwa kita sudah mengirim 15 paket dengan data yang diterima 15 paket juga. Tidak adanya lost data dan Rata-rata RTT yang didapatkan adalah 32ms.

Hasil ping disetiap perbedaan paket data memiliki hasil yang berbeda pula. Misalnya pada data 3000 byte. Didapatkan hasil yang sangat berbeda dari 8 byte. Hasilnya adalah:



Pada paket 3000 byte kita mendapati RTO (Request Time Out) sebanyak 5 buah paket. Jadi dari 15 paket yang kita kirim hanya 10 paket yang diterima. Dengan waktu rata-rata RTT sebesar 142ms.
Requst Time Out adalah ketika Komputer server tidak merespon permintaan koneksi dari klien setelah beberapa lama. Jadi dapat dikatakan, semakin besar paket data yang kita kirim semakin membutuhkan Bandwidth yang besar dan semakin lama waktu yang kita butuhkan. Nah lama nya waktu yang kita butuh kan tadi sering memunculkan adanya RTO.

Dari seluruh hasil paket data tadi dapat saya munculkan grafik rata-rata RTT dan kemunculan RTO adalah sebagai berikut:



Demikian blog kali ini saya buat, semoga bermanfaat bagi teman-teman pembaca. Mohon kritik dan san dari teman-teman untuk kesempurnaan blog selanjutnya. Terimakasih:)

Comments